STAI Syekh Manshur Pandeglang, Gelar Lokakarya Mata Kuliah Karya Wisata

BIDIKIN.NET – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Manshur Pandeglang, menggelar Lokakarya Mata Kuliah Karya Wisata, Selasa (06/02/2024).

Lokakarya dilaksanakan di Kampus STAI Syekh Manshur bertempat di Jl. Raya Labuan KM. 5 Kadulisung, Pandeglang, Banten bertujuan untuk mengetahui capaian keberhasilan dan evaluasi pada mata kuliah karya wisata serta praktik lapangan dengan melakukan kunjungan ke Candi Prambanan sebagai salah satu obyek wisata di Yogyakarta.

Kegiatan praktikTour guide yang berlokasi di Candi Prambanan Yogyakarta ini, melibatkan 60 mahasiswa yang tergabung dari 2 Program Studi yaitu Prodi PAI & Prodi PGMI yang berlangsung pada 19–22 Januari 2024.

Berdasarkan Kiriman Rilis yang diterima Awak Media, Wakil Ketua I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. H. Ari Hasan Ansori, M.Pd.I., M.Pd membuka secara resmi kegiatan Lokakarya Mata Kuliah Karya Wisata,

Ari Hasan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan praktik tour guide yang dilakukan mahasiswa ini dinilai sudah baik dan dalam pelaksanaan lokakarya juga mahasiswa sudah mampu membuat karya dalam bentuk video kreatif. Sekalipun masih terdapat banyak yang perlu terus diperbaiki dan dikembangkan, mengingat hal ini dapat dipahami bahwa mahasiswa peserta praktiknya adalah mahasiswa dari program studi PAI dan Prodi PGMI yang masih memiliki keterbatasan ilmu dan keterampilan dalam melakukan pembuatan video kreatif.

Di tempat yang sama Desyi Rosita, M.Pd selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Karya Wisata mengapresiasi mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah berikut praktiknya dengan baik, tentu harapan kedepannya pun untuk mahasiswa STAI Syekh Manshur Pandeglang selain menjadi tenaga pendidik, mereka juga mampu menjadi seorang tour guide yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.

Masih Desyi, ia juga berharap kepada mahasiswa angkatan selanjutnya dapat melaksanakan praktik sebagai tour guide ke daerah daerah lain yang lebih ICONIC, karena selain berkarya dan berwisata hal ini juga dapat mempromosikan STAI Syekh Manshur Pandeglang kepada masyarakat luas, sehingga sekali dayung dua tiga pulau terlampaui” Harapnya.

TB. Zaky Abdullah sebagai Ketua Pelaksana kegiatan praktik ini menyampaikan, kegiatan ini memberikan dampak yang positif kepada para mahasiswa, karena dapat merasakan sebuah pengalaman luar biasa sebagai seorang tour guide pada obyek wisata yang cukup jauh dari lokasi kampus, dengan adat dan budaya yang sangat berbeda dari lokasi tempat tinggal.

Zaki juga menyampaikan ucapan terimakasih banyak terhadap dukungan dan support system dari pihak akademik dan dosen pengampu mata kuliah yang karenanya acara dapat terselenggara dengan baik sampai kepada kegiatan penutupan.

Oleh : Fauzy Fathurrohman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah BUMN silaturahm ke BPC HIPMI Morowali untuk Kembangkan UMKM di Kab. Morowali

Morowali, 11 Juli 2024 – Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui inisiatif Rumah BUMN akan menjalin kerjasama strategis dengan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Morowali. Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen BRI dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Morowali agar dapat naik kelas dan berkembang lebih pesat. […]

Read More

Dede Yusuf Anugrah Pengurus BPC HIPMI Morowali Resmikan Usaha Baru LoundryTA di Desa Keurea

Morowali, 1 Juli 2024 – Dede Yusuf Anugrah, seorang pengurus BPC HIPMI Morowali dan salah satu pengusaha tambang di Morowali, telah meresmikan usaha barunya di bidang laundry dengan nama brand LoundryTA. Acara syukuran pembukaan usaha ini diadakan pada tanggal 1 Juli di Desa Keurea, tepatnya di jalan masuk ke Bahomakmur. Pada acara syukuran tersebut, para […]

Read More

BPC HIPMI Morowali Utara Resmi Memberikan Rekomendasi Caketum HIPMI SULTENG kepada Tum Muh. Sadhak Husain

Morowali Utara, 29 Juni 2024 – Dalam sebuah acara yang digelar di D’ Andra Cafe dan Resto, BPC HIPMI Morowali Utara secara resmi memberikan rekomendasi kepada Tum Muh. Sadhak Husain sebagai calon ketua umum (Caketum) BPD HIPMI SULTENG. Acara ini dihadiri oleh para anggota dan pengurus HIPMI setempat, serta tokoh-tokoh penting dari Morowali dan Morowali […]

Read More