Mahasiswa Harapkan Sarana dan Prasarana Yang Memadai Demi Kenyamanan Perkuliahan

Oleh : Irna Diana ( Mahasiswi STKIP Syekh Manshur)

BIDIKIN.NET – Mahasiswa merupakan salah satu pilar utama dalam suatu lembaga pendidikan tinggi. Mereka adalah elemen vital dalam dinamika kehidupan kampus.

Irna Diana Mahasiswi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur Prodi Bahasa Inggris melalui keterangan tertulisnya pada hari Jum’at 15 Maret 2024 mengatakan bahwa, “Bagi mahasiswa, kualitas sarana dan prasarana kampus sangatlah penting karena berpengaruh langsung terhadap proses pembelajaran, pengembangan diri, dan kenyamanan hidup sehari-hari” Katanya

Oleh karena itu, harapan mahasiswa terhadap kelengkapan sarana dan prasarana di kampus tidak dapat diabaikan diantaranya:

1. Fasilitas Pembelajaran yang Modern dan Memadai
Mahasiswa berharap akan adanya fasilitas pembelajaran yang modern dan memadai. Ini termasuk ruang kuliah yang nyaman dengan fasilitas pendukung seperti proyektor, sound system, dan koneksi internet yang stabil.

2. Perpustakaan yang Lengkap dan Aksesible
Perpustakaan merupakan sumber pengetahuan utama bagi mahasiswa. Oleh karena itu, harapan mahasiswa adalah adanya perpustakaan yang lengkap dengan koleksi buku, jurnal, novel dan referensi lainnya dalam berbagai bidang studi. Selain itu, aksesibilitas perpustakaan yang baik, termasuk jam operasional yang luas dan sistem peminjaman yang efisien, menjadi hal yang diharapkan oleh mahasiswa.

3. Fasilitas Kesehatan dan Konseling
Kesehatan mental dan fisik adalah aspek penting dalam kesejahteraan mahasiswa. Oleh karena itu, adanya fasilitas kesehatan dan layanan konseling di kampus sangatlah diharapkan. Ini mencakup pusat kesehatan yang dilengkapi dengan tenaga medis yang kompeten serta layanan konseling yang tersedia bagi mahasiswa yang membutuhkan dukungan psikologis.

4. Teknologi Informasi yang Mutakhir
Dalam era digital seperti saat ini, teknologi informasi memegang peranan penting dalam kehidupan mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa mengharapkan adanya infrastruktur teknologi informasi yang mutakhir di kampus, termasuk jaringan internet yang cepat dan stabil, sistem manajemen pembelajaran online yang efisien, serta akses ke perangkat keras dan perangkat lunak terbaru.

5. Partisipasi Mahasiswa dalam Pengambilan Keputusan
Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, mahasiswa berharap untuk dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan terkait pengembangan dan pengelolaan sarana dan prasarana di kampus. Partisipasi mahasiswa dalam forum-forum diskusi, pemilihan umum mahasiswa, atau melalui perwakilan dalam lembaga kemahasiswaan dapat memastikan bahwa harapan dan kebutuhan mahasiswa dapat terwakili dengan baik.

Dalam kesimpulannya, kelengkapan sarana dan prasarana di kampus memainkan peranan yang sangat penting dalam pengalaman belajar dan kehidupan mahasiswa. Oleh karena itu, memperhatikan dan memenuhi harapan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana kampus bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga investasi dalam masa depan pendidikan dan pengembangan generasi muda.

Author : Fauzy Fathurrohman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Independen, Jalur Strategis dalam Perjuangan Iksan B Abd Rauf Menjadi Bupati Kabupaten Morowali

Morowali, 13 April 2024 – Dalam menghadapi kontestasi politik menuju kepemimpinan Kabupaten Morowali, jalur independen menjadi pilihan strategis bagi Iksan B Abd Rauf. Dengan fokus pada partisipasi langsung dari masyarakat, Iksan B Abd Rauf menegaskan komitmennya untuk mewujudkan kepemimpinan yang inklusif dan berbasis rakyat. Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam perjuangan ini adalah syarat […]

Read More

Bapak Iksan B Abd Rauf Sambut Tamu di Open House, Silaturahmi Calon Bupati Kabupaten Morowali

Empang Desa Labota, Kabupaten Morowali – Momentum kebersamaan dan silaturahmi semakin mempererat jalinan hubungan antara Bapak Iksan B Abd Rauf, calon Bupati Kabupaten Morowali, dengan keluarga, kerabat, dan masyarakat setempat. Pada hari Kamis, 11 April 2024, begitu banyak tamu dari berbagai kalangan telah memenuhi kediaman Bapak Iksan untuk mengikuti acara Open House yang diselenggarakan dengan […]

Read More

Iksan B Abd Rauf Meriahkan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di Kediamannya di Empang Desa Labota

Bapak Iksan B Abd Rauf, tokoh masyarakat yang dikenal luas di Kebupaten Morowali, merayakan Idul Fitri dengan penuh kegembiraan di kediamannya yang terletak di Empang desa Labota. Acara tersebut dihadiri oleh banyak keluarga, kerabat, dan warga sekitar yang turut berbahagia dalam momen lebaran tersebut. Suasana kebersamaan dan keakraban sangat terasa dalam acara lebaran di rumah […]

Read More