Legal PT IMIP bersama APJAKER Mediasi Pembayaran dan Pemutusan Kontrak Sepihak antara Pihak China dan Perusahaan Lokal Indonesia

Morowali, 3 Juni 2024 – Sebuah mediasi penting telah dilakukan untuk menyelesaikan masalah pembayaran antara pihak China dengan sejumlah perusahaan lokal Indonesia, serta permasalahan pemutusan kontrak secara sepihak oleh perusahaan China. Pertemuan ini difasilitasi oleh Legal PT IMIP dan dihadiri oleh ketua umum APJAKER, Iswanto, dan Ketua Dewan Pengawas, Irsad Amir.

Pertemuan yang dilaksanakan di kantor PT IMIP ini merupakan tindak lanjut dari surat keluhan yang diajukan oleh APJAKER kepada Pihak PT IMIP atas nama anggotanya yang mengalami masalah pembayaran. Mediasi ini juga mengangkat isu terkait pemutusan kontrak kerja secara sepihak yang akan dilakukan oleh perusahaan China, yang akan merugikan sejumlah perusahaan lokal.

Pihak legal PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang diwakili oleh Pak Sardi, turut hadir dalam mediasi ini. Selain itu, hadir pula Pak Jaimu dari humas PT IMIP dan Pak Jhon dari pihak safety. Mereka hadir untuk memediasi dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan lokal.

Sejumlah perusahaan lokal yang menjadi anggota APJAKER dan mengalami masalah ini antara lain PT ACSP, PT SBRL, PT BMU, PT MMM, PT HHA, PT BLP, PT APM, dan PT ASM. Perusahaan-perusahaan ini telah menyampaikan keluhan mengenai keterlambatan pembayaran dari pihak China dan pemutusan kontrak kerja tanpa pemberitahuan yang jelas.

Ketua Dewas APJAKER, Irsad Amir, menyampaikan bahwa mediasi ini diharapkan dapat menghasilkan solusi yang adil dan menguntungkan bagi semua pihak. “Kami berharap pihak PT IMIP dan perusahaan-perusahaan China dapat menyelesaikan kewajiban mereka terhadap perusahaan lokal. Keberlangsungan kerjasama yang baik harus didasarkan pada komitmen untuk saling menghormati perjanjian yang telah dibuat,” ujarnya. Ketua umum Iswanto ikut menyampaikan bahwa mediasi Ini adalah langkah APJAKER untuk membantu para Anggota APJAKER agar permasalahnya bisa diselesaikan. Ujarnya.

Pak Sardi dari PT IMIP menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memediasi masalah ini dengan secepat mungkin. “Kami mempertemukan kedua belah pihak ini agar permasalahannya dapat dibicarakan dan diselesaikan semaksimal mungkin untuk menuntaskan pembayaran yang tertunda serta mengevaluasi kembali kebijakan terkait kontrak,” katanya.

Pertemuan ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan beberapa poin kesepakatan yang akan ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak. APJAKER akan terus memantau perkembangan penyelesaian masalah ini dan memastikan bahwa hak-hak perusahaan lokal terpenuhi dengan baik.

Dengan adanya mediasi ini, diharapkan hubungan kerjasama antara perusahaan lokal Indonesia dengan pihak China dapat terus berjalan dengan baik dan saling menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah BUMN silaturahm ke BPC HIPMI Morowali untuk Kembangkan UMKM di Kab. Morowali

Morowali, 11 Juli 2024 – Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui inisiatif Rumah BUMN akan menjalin kerjasama strategis dengan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Morowali. Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen BRI dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Morowali agar dapat naik kelas dan berkembang lebih pesat. […]

Read More

Dede Yusuf Anugrah Pengurus BPC HIPMI Morowali Resmikan Usaha Baru LoundryTA di Desa Keurea

Morowali, 1 Juli 2024 – Dede Yusuf Anugrah, seorang pengurus BPC HIPMI Morowali dan salah satu pengusaha tambang di Morowali, telah meresmikan usaha barunya di bidang laundry dengan nama brand LoundryTA. Acara syukuran pembukaan usaha ini diadakan pada tanggal 1 Juli di Desa Keurea, tepatnya di jalan masuk ke Bahomakmur. Pada acara syukuran tersebut, para […]

Read More

BPC HIPMI Morowali Utara Resmi Memberikan Rekomendasi Caketum HIPMI SULTENG kepada Tum Muh. Sadhak Husain

Morowali Utara, 29 Juni 2024 – Dalam sebuah acara yang digelar di D’ Andra Cafe dan Resto, BPC HIPMI Morowali Utara secara resmi memberikan rekomendasi kepada Tum Muh. Sadhak Husain sebagai calon ketua umum (Caketum) BPD HIPMI SULTENG. Acara ini dihadiri oleh para anggota dan pengurus HIPMI setempat, serta tokoh-tokoh penting dari Morowali dan Morowali […]

Read More