Audiensi APJAKER dengan PT IMIP Membahas Ketertiban dan Regulasi di Kawasan PT IMIP

Morowali, 5 Juni 2024 – Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerjanya (APJAKER) mengadakan audiensi dengan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) untuk membahas sejumlah isu penting yang terjadi di kawasan PT. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan dan rencana tindak lanjut yang bertujuan untuk meningkatkan ketertiban dan efisiensi operasional di kawasan tersebut.

1. Pendaftaran Kontraktor:
Dalam audiensi tersebut, disepakati bahwa semua kontraktor, baik lokal maupun asing (China), harus terdaftar secara legal di IMIP. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua pihak yang bekerja di kawasan memiliki izin resmi dan memenuhi standar yang telah ditetapkan.

2. Biaya Barcode:
Terkait biaya pembuatan dan perpanjangan barcode, telah dibahas bahwa akan ada perbedaan biaya antara pembuatan baru dan perpanjangan. Namun, keputusan akhir terkait ini masih akan dirapatkan secara internal di kawasan IMIP dan hasilnya akan disampaikan kepada APJAKER.

3. Laporan Kontraktor:
Mulai bulan ini, semua kontraktor diwajibkan untuk membuat dan mengirim laporan melalui sistem yang telah disediakan. Langkah ini diambil untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dari setiap kontraktor yang beroperasi di kawasan PT IMIP.

4. ID Card Karyawan:
Pembuatan ID card kini telah diurus oleh bagian legal IMIP dengan masa berlaku enam bulan. Sistem ini telah diterapkan dan semua admin perusahaan sedang dalam tahap pelatihan. Dengan masa berlaku yang singkat, sistem ini bertujuan untuk mencegah karyawan menggunakan ID card mereka saat berpindah ke kontraktor lain, karena ID card yang lama akan otomatis terblokir.

5. Aturan di CTLI:
Mengenai unit yang beroperasi di dalam kawasan CTLI, aturan baru akan diterapkan dan akan ada audiensi lanjutan dengan pihak CTLI untuk membahas detailnya lebih lanjut.

6. Undangan untuk Tenan:
Dalam waktu dekat, manajemen kawasan IMIP akan mengundang semua tenan untuk mengadakan audiensi bersama APJAKER. Pertemuan ini bertujuan untuk mendiskusikan berbagai isu dan mencari solusi yang saling menguntungkan.

7. Legalitas Perusahaan:
Perusahaan yang tidak memiliki izin legal dari IMIP tidak akan bisa diproses untuk mediasi. Hal ini untuk memastikan bahwa semua perusahaan yang beroperasi di kawasan tersebut mematuhi regulasi yang telah ditetapkan.

Audiensi ini menunjukkan komitmen PT IMIP dan APJAKER dalam menciptakan lingkungan kerja yang tertib dan teratur, serta meningkatkan kerjasama antara pihak manajemen kawasan dan kontraktor. Ke depan, diharapkan kesepakatan ini dapat diterapkan dengan baik demi kemajuan bersama.

Arahan Ketua Umum APJAKER:
“Kami dari APJAKER sangat mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh PT IMIP dalam audiensi ini. Ketertiban dan legalitas adalah hal yang fundamental untuk menciptakan lingkungan kerja yang profesional dan efisien. Kami berharap semua anggota APJAKER dapat mematuhi aturan yang telah disepakati dan mendukung upaya peningkatan transparansi melalui laporan sistem. Kami akan terus berkolaborasi dengan PT IMIP demi tercapainya tujuan bersama.”

Arahan HUMAS PT IMIP:
“PT IMIP berkomitmen untuk selalu menjaga komunikasi yang terbuka dan transparan dengan semua kontraktor dan tenan di kawasan ini. Kami mengundang semua pihak untuk terus berpartisipasi aktif dalam audiensi dan pertemuan yang kami selenggarakan. Melalui kolaborasi yang baik, kita dapat memastikan operasional yang lebih tertib dan efisien.”

Arahan Legal PT IMIP:
“Kami menekankan pentingnya kepatuhan terhadap semua regulasi yang telah ditetapkan, termasuk pendaftaran legal bagi semua kontraktor. Proses pembuatan dan perpanjangan barcode, serta ID card, adalah bagian dari upaya kami untuk meningkatkan sistem pengelolaan kawasan. Kami akan terus melakukan peninjauan dan perbaikan terhadap aturan yang ada demi terciptanya lingkungan kerja yang lebih baik.”

Arahan HR PT IMIP:
“Divisi HR PT IMIP siap mendukung implementasi sistem baru terkait ID card dan laporan kontraktor. Pelatihan untuk admin perusahaan sedang berlangsung dan kami berharap semua pihak dapat beradaptasi dengan cepat. Sistem ID card yang berlaku selama enam bulan dirancang untuk meningkatkan kontrol dan memastikan karyawan tetap terdaftar dengan benar. Kami menghimbau semua kontraktor untuk segera mematuhi aturan ini demi kelancaran operasional di kawasan PT IMIP.”

Arahan Ketua Dewas APJAKER:
“Sebagai Dewan Pengawas APJAKER, kami mendukung penuh langkah-langkah yang diambil dalam audiensi ini untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan di kawasan PT IMIP. Kami menekankan pentingnya semua kontraktor untuk mematuhi persyaratan legal dan regulasi yang ditetapkan. Kepatuhan terhadap aturan bukan hanya demi kepentingan perusahaan, tetapi juga demi keamanan dan kesejahteraan semua pekerja. Kami akan terus memantau implementasi dari kesepakatan ini dan siap memberikan arahan serta dukungan yang diperlukan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah BUMN silaturahm ke BPC HIPMI Morowali untuk Kembangkan UMKM di Kab. Morowali

Morowali, 11 Juli 2024 – Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui inisiatif Rumah BUMN akan menjalin kerjasama strategis dengan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Morowali. Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen BRI dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Morowali agar dapat naik kelas dan berkembang lebih pesat. […]

Read More

Dede Yusuf Anugrah Pengurus BPC HIPMI Morowali Resmikan Usaha Baru LoundryTA di Desa Keurea

Morowali, 1 Juli 2024 – Dede Yusuf Anugrah, seorang pengurus BPC HIPMI Morowali dan salah satu pengusaha tambang di Morowali, telah meresmikan usaha barunya di bidang laundry dengan nama brand LoundryTA. Acara syukuran pembukaan usaha ini diadakan pada tanggal 1 Juli di Desa Keurea, tepatnya di jalan masuk ke Bahomakmur. Pada acara syukuran tersebut, para […]

Read More

BPC HIPMI Morowali Utara Resmi Memberikan Rekomendasi Caketum HIPMI SULTENG kepada Tum Muh. Sadhak Husain

Morowali Utara, 29 Juni 2024 – Dalam sebuah acara yang digelar di D’ Andra Cafe dan Resto, BPC HIPMI Morowali Utara secara resmi memberikan rekomendasi kepada Tum Muh. Sadhak Husain sebagai calon ketua umum (Caketum) BPD HIPMI SULTENG. Acara ini dihadiri oleh para anggota dan pengurus HIPMI setempat, serta tokoh-tokoh penting dari Morowali dan Morowali […]

Read More