Tim KKN Hidden Hills IAIN Sahid Bogor dan Pegiat Seni Budaya Setempat Turut Serta dalam Pelestarian Budaya dan Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Bogor, 06 September 2023 | 22.25 WIB

Penulis : Hana Cahyani Putri | Editor : Firman Arif

BIDIKIN.NET – Keberadaan pegiat seni budaya dan alat musik tradisional Jawa Barat, di Kampung Cisalak, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijhan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dengan keberadaan Desa yang berada di bukit tersembunyi, kami menyebut program ini dengan “KKN Hidden Hills Institut Agama Islam Sahid Bogor Tahun 2023″. Dimana program ini terdiri dari rekan-rekan tim yaitu; Hani Cahyani Putri, Ozama Putra, Aji Riyanto, Isma, Adila, Yayah dan Fajar.

Dalam program ini, kami bertemu dengan salah seorang pegiat seni budaya setempat yakni Pak Anda dan beliau mengungkapkan bahwa, “Dari semua pengenalan alat musik tradisional tersebut, terdapat keterkaitan sama halnya dengan rukun Islam”. Kenapa bisa dikatakan berkaitan dengan rukun islam ? Karena, dalam bahasa Sunda terdapat beberapa istilah mengenai alat musik Sunda yaitu; Bem, Singuel, Barong, Soroj dan Kinong. Demikian juga, Pak Anda tidak henti-hentinya mengatakan mengenai pengenalan alat musik bahwa, alat musik tradisional harus dikenalkan kepada penerus anak-anak di masa sekarang.

Oleh karena itu, kami dari tim KKN Hidden Hills ini membuat beberapa kegiatan yang bekerjasama dengan pegiat seni dan budaya setempat untuk terlibat dalam melestarikan seni dan juga alat-alat musik tradisional Jawa Barat dan salah satu kegiatan ini adalah penyuluhan alat musik “Angklung” agar kedepannya anak-anak yang berada di desa Purwabakti bisa lebih mengenal alat musik tradisional daerahnya dan ikut terlibat secara langsung dalam melestarikan seni dan budaya tersebut beriringan dengan kemajuan di zaman yang akan datang.

Kekhawatiran kami terhadap masyarakat yang semakin hari semakin jauh dan lupa akan kesenian dan budaya ini, membuat kami dari tim KKN Kelompok 5 Hidden Hills juga membuat sebuah penyuluhan dibidang pengembangan kesenian dalam kategori inovasi desa yang bertujuan untuk menggerakkan pemuda-pemudi desa Purwabakti dapat ikut serta menanamkan jiwa kesenian dan menjaga agar seni budaya dan alat-alat musik tradisional Jawa Barat ini tidak terlupakan dan punah.

Foto : Penyuluhan Kesenian Bersama BUMDES Purwabakti.

Dalam kesempatan kali ini juga, Tim KKN Hidden Hills melakukan penyerahan piagam penghargaan kepada pegiat kesenian desa Purwabakti.

Foto : Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Pegiat Seni dan Budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Independen, Jalur Strategis dalam Perjuangan Iksan B Abd Rauf Menjadi Bupati Kabupaten Morowali

Morowali, 13 April 2024 – Dalam menghadapi kontestasi politik menuju kepemimpinan Kabupaten Morowali, jalur independen menjadi pilihan strategis bagi Iksan B Abd Rauf. Dengan fokus pada partisipasi langsung dari masyarakat, Iksan B Abd Rauf menegaskan komitmennya untuk mewujudkan kepemimpinan yang inklusif dan berbasis rakyat. Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam perjuangan ini adalah syarat […]

Read More

Bapak Iksan B Abd Rauf Sambut Tamu di Open House, Silaturahmi Calon Bupati Kabupaten Morowali

Empang Desa Labota, Kabupaten Morowali – Momentum kebersamaan dan silaturahmi semakin mempererat jalinan hubungan antara Bapak Iksan B Abd Rauf, calon Bupati Kabupaten Morowali, dengan keluarga, kerabat, dan masyarakat setempat. Pada hari Kamis, 11 April 2024, begitu banyak tamu dari berbagai kalangan telah memenuhi kediaman Bapak Iksan untuk mengikuti acara Open House yang diselenggarakan dengan […]

Read More

Iksan B Abd Rauf Meriahkan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di Kediamannya di Empang Desa Labota

Bapak Iksan B Abd Rauf, tokoh masyarakat yang dikenal luas di Kebupaten Morowali, merayakan Idul Fitri dengan penuh kegembiraan di kediamannya yang terletak di Empang desa Labota. Acara tersebut dihadiri oleh banyak keluarga, kerabat, dan warga sekitar yang turut berbahagia dalam momen lebaran tersebut. Suasana kebersamaan dan keakraban sangat terasa dalam acara lebaran di rumah […]

Read More