Tim KKN Hidden Hills IAIN Sahid Bogor dan Pegiat Seni Budaya Setempat Turut Serta dalam Pelestarian Budaya dan Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Bogor, 06 September 2023 | 22.25 WIB

Penulis : Hana Cahyani Putri | Editor : Firman Arif

BIDIKIN.NET – Keberadaan pegiat seni budaya dan alat musik tradisional Jawa Barat, di Kampung Cisalak, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijhan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dengan keberadaan Desa yang berada di bukit tersembunyi, kami menyebut program ini dengan “KKN Hidden Hills Institut Agama Islam Sahid Bogor Tahun 2023″. Dimana program ini terdiri dari rekan-rekan tim yaitu; Hani Cahyani Putri, Ozama Putra, Aji Riyanto, Isma, Adila, Yayah dan Fajar.

Dalam program ini, kami bertemu dengan salah seorang pegiat seni budaya setempat yakni Pak Anda dan beliau mengungkapkan bahwa, “Dari semua pengenalan alat musik tradisional tersebut, terdapat keterkaitan sama halnya dengan rukun Islam”. Kenapa bisa dikatakan berkaitan dengan rukun islam ? Karena, dalam bahasa Sunda terdapat beberapa istilah mengenai alat musik Sunda yaitu; Bem, Singuel, Barong, Soroj dan Kinong. Demikian juga, Pak Anda tidak henti-hentinya mengatakan mengenai pengenalan alat musik bahwa, alat musik tradisional harus dikenalkan kepada penerus anak-anak di masa sekarang.

Oleh karena itu, kami dari tim KKN Hidden Hills ini membuat beberapa kegiatan yang bekerjasama dengan pegiat seni dan budaya setempat untuk terlibat dalam melestarikan seni dan juga alat-alat musik tradisional Jawa Barat dan salah satu kegiatan ini adalah penyuluhan alat musik “Angklung” agar kedepannya anak-anak yang berada di desa Purwabakti bisa lebih mengenal alat musik tradisional daerahnya dan ikut terlibat secara langsung dalam melestarikan seni dan budaya tersebut beriringan dengan kemajuan di zaman yang akan datang.

Kekhawatiran kami terhadap masyarakat yang semakin hari semakin jauh dan lupa akan kesenian dan budaya ini, membuat kami dari tim KKN Kelompok 5 Hidden Hills juga membuat sebuah penyuluhan dibidang pengembangan kesenian dalam kategori inovasi desa yang bertujuan untuk menggerakkan pemuda-pemudi desa Purwabakti dapat ikut serta menanamkan jiwa kesenian dan menjaga agar seni budaya dan alat-alat musik tradisional Jawa Barat ini tidak terlupakan dan punah.

Foto : Penyuluhan Kesenian Bersama BUMDES Purwabakti.

Dalam kesempatan kali ini juga, Tim KKN Hidden Hills melakukan penyerahan piagam penghargaan kepada pegiat kesenian desa Purwabakti.

Foto : Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Pegiat Seni dan Budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah BUMN silaturahm ke BPC HIPMI Morowali untuk Kembangkan UMKM di Kab. Morowali

Morowali, 11 Juli 2024 – Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui inisiatif Rumah BUMN akan menjalin kerjasama strategis dengan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Morowali. Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen BRI dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Morowali agar dapat naik kelas dan berkembang lebih pesat. […]

Read More

Dede Yusuf Anugrah Pengurus BPC HIPMI Morowali Resmikan Usaha Baru LoundryTA di Desa Keurea

Morowali, 1 Juli 2024 – Dede Yusuf Anugrah, seorang pengurus BPC HIPMI Morowali dan salah satu pengusaha tambang di Morowali, telah meresmikan usaha barunya di bidang laundry dengan nama brand LoundryTA. Acara syukuran pembukaan usaha ini diadakan pada tanggal 1 Juli di Desa Keurea, tepatnya di jalan masuk ke Bahomakmur. Pada acara syukuran tersebut, para […]

Read More

BPC HIPMI Morowali Utara Resmi Memberikan Rekomendasi Caketum HIPMI SULTENG kepada Tum Muh. Sadhak Husain

Morowali Utara, 29 Juni 2024 – Dalam sebuah acara yang digelar di D’ Andra Cafe dan Resto, BPC HIPMI Morowali Utara secara resmi memberikan rekomendasi kepada Tum Muh. Sadhak Husain sebagai calon ketua umum (Caketum) BPD HIPMI SULTENG. Acara ini dihadiri oleh para anggota dan pengurus HIPMI setempat, serta tokoh-tokoh penting dari Morowali dan Morowali […]

Read More