Seminar Go Publik BEI bersama BPC HIPMI Morowali dan ASPBN: Mencari Alternatif Sumber Pendanaan Usaha Melalui IPO

Morowali, 8 November 2023 – Bursa Efek Indonesia Bersama BPC HIPMI Morowali ASPBN (Asosiasi Pengusaha Bumi Nikel) telah sukses menyelenggarakan seminar bertajuk “Go Publik Bursa Efek Indonesia: Mencari Alternatif Sumber Pendanaan Usaha Melalui Initial Public Offering (IPO).” Acara yang berlangsung pada tanggal 8 November 2023 di Morowali ini merupakan langkah konkret dalam mendukung perkembangan ekonomi dan bisnis di Kab. Morowali.
Seminar yang dihadiri oleh para pelaku bisnis, pengusaha, dan pemangku kepentingan lainnya ini mengangkat isu seputar Initial Public Offering (IPO) sebagai salah satu opsi untuk mendapatkan pendanaan usaha. Dalam sambutannya, Ketua BPC HIPMI Morowali, Muh. Sadhak Husain, mengungkapkan pentingnya IPO sebagai cara atau alternatif yang efektif untuk memperoleh sumber pendanaan yang signifikan guna mengembangkan bisnis para pengusaha muda agar tidak menjadi penonton didaerah sendiri.
“Kehadiran BEI menjadi Angin segar buat para perusahan-perusahan di Kab. Morowali. Ungkap Ketua ASPBN bapak Armin.
Kepala BEI Sulawesi Tengah, Ibu Putri Irnawati mengungkapkan “Kami hadir untuk memperkenalkan pendanaan melalui Initial Public Offering”
“Pasar Modal, Kita bisa mulai memanfaatkan alternatif pendanaan di luar perbankan agar bisa Go Public dan bisa manage keuangan dengan baik” Ucap Ketua OJK Bapak Triyono Raharjo.
“Kami harap pengusaha-pengusaha lokal Morowali bisa setara dengan Pengusaha Nasional” dalam isi sambutan PLT Bupati di Wakili Anwar Saimu.

Sementara itu, Saptono Adi Junarso salah satu pembicara dalam seminar tersebut, menjelaskan poin-poin materi terkait IPO yang menjadi fokus diskusi:

  1. Pengenalan IPO: Pembicara memberikan pemahaman dasar tentang apa itu Initial Public Offering (IPO), prosesnya, dan persyaratan yang harus dipenuhi.
  2. Manfaat dan Risiko IPO: Pembicara membahas manfaat yang dapat diperoleh perusahaan yang go public, sekaligus merinci risiko yang mungkin dihadapi.
  3. Persiapan dan Evaluasi: Pembicara menguraikan tahapan persiapan sebelum melakukan IPO, termasuk evaluasi keuangan, hukum, dan aspek lainnya.
  4. Kasus Sukses: Dalam sesi ini, beberapa perusahaan lokal yang sukses melalui IPO.
    “Kami ingin produk UMKM bisa Go Nasional” Ucap Bapak Iswanto salah satu peserta seminar.
    Seminar ini berhasil memberikan wawasan yang berharga bagi peserta terkait berbagai aspek IPO, termasuk peran BEI dalam memfasilitasi proses IPO. Acara berakhir dengan harapan bahwa lebih banyak perusahaan di Morowali akan mempertimbangkan alternatif sumber pendanaan ini untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka.
    Author : Puang Eman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Independen, Jalur Strategis dalam Perjuangan Iksan B Abd Rauf Menjadi Bupati Kabupaten Morowali

Morowali, 13 April 2024 – Dalam menghadapi kontestasi politik menuju kepemimpinan Kabupaten Morowali, jalur independen menjadi pilihan strategis bagi Iksan B Abd Rauf. Dengan fokus pada partisipasi langsung dari masyarakat, Iksan B Abd Rauf menegaskan komitmennya untuk mewujudkan kepemimpinan yang inklusif dan berbasis rakyat. Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam perjuangan ini adalah syarat […]

Read More

Bapak Iksan B Abd Rauf Sambut Tamu di Open House, Silaturahmi Calon Bupati Kabupaten Morowali

Empang Desa Labota, Kabupaten Morowali – Momentum kebersamaan dan silaturahmi semakin mempererat jalinan hubungan antara Bapak Iksan B Abd Rauf, calon Bupati Kabupaten Morowali, dengan keluarga, kerabat, dan masyarakat setempat. Pada hari Kamis, 11 April 2024, begitu banyak tamu dari berbagai kalangan telah memenuhi kediaman Bapak Iksan untuk mengikuti acara Open House yang diselenggarakan dengan […]

Read More

Iksan B Abd Rauf Meriahkan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di Kediamannya di Empang Desa Labota

Bapak Iksan B Abd Rauf, tokoh masyarakat yang dikenal luas di Kebupaten Morowali, merayakan Idul Fitri dengan penuh kegembiraan di kediamannya yang terletak di Empang desa Labota. Acara tersebut dihadiri oleh banyak keluarga, kerabat, dan warga sekitar yang turut berbahagia dalam momen lebaran tersebut. Suasana kebersamaan dan keakraban sangat terasa dalam acara lebaran di rumah […]

Read More