Modul Nusantara Batusibela Melakukan Kunjungan Kebinekaan Di Cengkeh Afo Kota Ternate

BIDIKIN.NET – Modul Nusantara Batusibela Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3 ( PMM) Universitas Khiarun Melakukan Kunjungan Kebinekaan Di Cengkeh Afo Tongole Sabtu, 16 Desember 2023.

Ketua Kelompok Modul Nusantara Batusibela Tio Prasetya Mengatakan hal tersebut kegiatan wajib yaitu Kebinekaan, Refleksi, Inspirasi, Kontribusi, salah satu kegiatan wajib dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka itu sendiri.

Kegiatan ini salah satu kegiatan kebinekaan yang ke 14 dimana modul Nusantara Batusibela kunjungan ke Cengkeh Afo Salah Satu Tempat Cengkeh Tertua Di Dunia, Ucap Tio. Ia juga menambahkan hal itu salah satu program wajib untuk memperkenalkan Mahasiswa pada keberagaman agar Mahasiswa mengetahui bahwa setiap daerah memiliki keberagaman yang berbeda-beda. Serta tujuannya Modul Nusantara lebih saling merangkul antara sesama teman dari berbagai Nusantara.

Adapun hal – hal menarik yang dapat dikunjungi, salah satunya bisa melihat cengkeh tertua di dunia, dan melihat makanan yang masih kental akan rempahnya.

Disini para mahasiswa dan mahasiswi di dampingi oleh Dosen Modul Nusantara, dan Losion officer/LO. Sudah beberapa tempat wisata yang kami kunjungi di Kota Ternate Maluku Utara. Namun sedikit berbeda dengan Cengkeh Afo, Perbedaan nya saat sajian makanan serta tempat yang masih dikelilingi pohon – pohon cengkeh terlihat asri sehingga saya merasakan betapa indahnya tempat Cengkeh Afo ini. Dan certinya tempat cengkeh tertua di dunia bukan di Indonesia sehingga saya merasakan cukup berbeda, tentu cengkeh Afo luar biasa.

Lalu bagaimana tanggapan para anggota atau teman – teman Modul Nusantara Batusibela ? Kami merasa senang bangat bisa melihat langsung cara pembuatan makanan yang sifatnya rempah, salah satunya pembuatan kasbingo, Teh Rempah, dan cara memasak ikan kerapu dengan irisan tomat dan cabe yang membuat kami betah untuk menikmati keindahan yang asri di cengkeh afo Kota Ternate Maluku Utara.

Namun bagaimana dengan Dosen Modul Nusantara Ibu Zulhajnie W. Limpas Mengatakan, kunjungan kebinekaan ke cengkeh Afo ini memang sangat terjadwal untuk melakukan kunjungan ke cengkeh Afo. Karena cengkeh Afo ini salah satu tempat yang wajib mereka kunjungi, mengapa demikian, karena ini salah satu tempat yang dimana tempat pohon cengkeh tertua di dunia, dan tempat sajian makanan yang sifatnya rempah, dan hal itu saya laksanakan dan Alhamdulillah berjalan lancar sesuai yang saya harapkan.

Yah walaupun agak sedikit keringat menuju tempatnya karena menaiki beberapa anak tangga, namun terobati dengan asrinya alam cengkeh Afo dan sajian makanan yang tentu bukan salah satu hal yang biasa tetapi merupakan salah satu hal yang luar biasa. Sebab masih banyak orang Ternate sendiri yang bertanya cengkeh Afo itu dimana ? Dan cengkhe Afo itu apa ? Ternyata cengkeh Afo menyimpan resepnya makanan rempah itu ada di cengkeh afo Tongole Kota Ternate Maluku Utara.

Modul Nusantara Batusibela kunjungan ke cengkeh Afo tak ada henti hentinya berkata hari ini bahagia bangat dan sambil berkata Batusibela ” Mari Moi Ngone Futuru ” Slogan Modul Nusantara Kelompok Batusibela.

Penulis : Asbar Buhari (Ternate 17 Desember 2023)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Independen, Jalur Strategis dalam Perjuangan Iksan B Abd Rauf Menjadi Bupati Kabupaten Morowali

Morowali, 13 April 2024 – Dalam menghadapi kontestasi politik menuju kepemimpinan Kabupaten Morowali, jalur independen menjadi pilihan strategis bagi Iksan B Abd Rauf. Dengan fokus pada partisipasi langsung dari masyarakat, Iksan B Abd Rauf menegaskan komitmennya untuk mewujudkan kepemimpinan yang inklusif dan berbasis rakyat. Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam perjuangan ini adalah syarat […]

Read More

Bapak Iksan B Abd Rauf Sambut Tamu di Open House, Silaturahmi Calon Bupati Kabupaten Morowali

Empang Desa Labota, Kabupaten Morowali – Momentum kebersamaan dan silaturahmi semakin mempererat jalinan hubungan antara Bapak Iksan B Abd Rauf, calon Bupati Kabupaten Morowali, dengan keluarga, kerabat, dan masyarakat setempat. Pada hari Kamis, 11 April 2024, begitu banyak tamu dari berbagai kalangan telah memenuhi kediaman Bapak Iksan untuk mengikuti acara Open House yang diselenggarakan dengan […]

Read More

Iksan B Abd Rauf Meriahkan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di Kediamannya di Empang Desa Labota

Bapak Iksan B Abd Rauf, tokoh masyarakat yang dikenal luas di Kebupaten Morowali, merayakan Idul Fitri dengan penuh kegembiraan di kediamannya yang terletak di Empang desa Labota. Acara tersebut dihadiri oleh banyak keluarga, kerabat, dan warga sekitar yang turut berbahagia dalam momen lebaran tersebut. Suasana kebersamaan dan keakraban sangat terasa dalam acara lebaran di rumah […]

Read More