PERHELATAN KONASPI XI 2024 : UNESA SIAPKAN LANGKAH MENUJU INDONESIA EMAS 2045

BIDIKIN.NET – Perhelatan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) XI Tahun 2024 akan bertempat di Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Hal itu didasarkan oleh keputusan bersama seluruh pimpinan perguruan tinggi dari 12 LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) pada KONAPI X di Universitas Negeri Manado (UNIMA) dua tahun yang lalu.

Menurut Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor UNESA memaparkan mengenai pelaksanaan KONASPI XI, bahwasanya nanti pada perhelatan tersebut akan berisi beberapa tahapan antara lain, konferensi internasional pada 10-11 Agustus 2024, konvensi, eksibisi (pameran), dan rekreasi termasuk olahraga pada 11-12 September 2024 yang akan bertempat di UNESA.

Di samping itu, KONASPI XI memiliki beberapa tujuan utama, diantaranya; memberikan rekomendasi strategis pembangunan pendidikan nasional menuju Indonesia Emas 2045, menyepakati poin-poin strategis untuk pengembangan LPTK yang kontributif bagi pembangunan nasional, membahas peluang dan tantangan perubahan pendidikan di era digital, membahas Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Di samping itu, KONASPI juga membahas revitalisasi LPTK yang meliputi kelembagaan, tata kelola LPTK PTN-BH, standarisasi mutu, kurikulum, pendidikan inklusif, dan seterusnya. Terakkhir, KONASPI juga membahas transformasi guru di abad 21, terkait PPG, distribusi guru, pembinaan guru, standarisasi guru di ASEAN, dan lain sebagainya. Rektor UNESA juga menjelaskan, nantinya akan ada lima subtema yang akan menjadi perbincangan dan diskusi tersebut yaitu terkait pendidikan era industri 4.0, sistem dan kebijakan pendidikan nasional, kebijakan dan implemetasi merdeka belajar, revitalisasi LPTK, dan pendidikan inklusif-transformasi guru seluruh Indonesia.

Berbagai agenda akan dilaksanakan guna menyongsong keberhasilan dari konvensi nasional tersebut, antara lain Prakonaspi XI yang diadakan di Patra Semarang Hotel dan Convention pada 16 februari 2024 yang lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan perguruan tinggi LPTK, termasuk Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Pendidikan, Kemendikbudristek. Beliau menyampaikan terkait peran LPTK untuk mewujudkan SDM Indonesia emas 2045 mendatang.

Rektor UNNES, Prof. Dr. S. Martono, M.Si, selaku tuan rumah PraKonaspi, memaparkan bahwa beliau berharap kegiatan Pra-Konaspi maupun KONASPI XI menjadi temmpat penguatan dan revitalisasi LPTK di Indonesia. Menurutnya, PraKonaspi tersebut sudah menjadi platform dukungan dan kerjasama lintas institusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di tanah air.

Wakil Rektor bidang akademik, kemahasiswaan, dan alumni UNESA, Prof. Dr. Madlazim M.Si., mengutarakan bahwa seluruh jajaran pimpinan Unesa menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pimpinan UNNES sebagai tuan rumah pra-konvensi dan perguruan tinggi lain yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan yang berlangsung di UNNES tersebut, telah dihadiri oleh 12 pimpinan LPTK anggota asosiasi turut hadir termasuk istri rektor dan istri para wakil rektor dari 12 LPTK tersebut. Semua pimpinan tersebut juga mendapat seragam Semarangan oleh UNNES sebagai bentuk apresiasi kehadiran dalam berlangsungnya acara tersebut.

LPTK tersebut terdiri dari beberapa Univesitas ternama di Indonesia, antara lain; Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Negeri Malang (UM). Selain itu, ada Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Manado (UNIMA), terakhir Universitas Negeri Padang (UNP).

Semua jajaran pimpinan LPTK maupun seluruh civitas akademika termasuk para istri rektor dan para wakil rektor, berharap kegiatan KONASPI XI bisa berjalan dengan lancar dan tentu dengan persiapan dan dukungan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Penulis : Muhammad Khoirul Alim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah BUMN silaturahm ke BPC HIPMI Morowali untuk Kembangkan UMKM di Kab. Morowali

Morowali, 11 Juli 2024 – Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui inisiatif Rumah BUMN akan menjalin kerjasama strategis dengan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Morowali. Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen BRI dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Morowali agar dapat naik kelas dan berkembang lebih pesat. […]

Read More

Dede Yusuf Anugrah Pengurus BPC HIPMI Morowali Resmikan Usaha Baru LoundryTA di Desa Keurea

Morowali, 1 Juli 2024 – Dede Yusuf Anugrah, seorang pengurus BPC HIPMI Morowali dan salah satu pengusaha tambang di Morowali, telah meresmikan usaha barunya di bidang laundry dengan nama brand LoundryTA. Acara syukuran pembukaan usaha ini diadakan pada tanggal 1 Juli di Desa Keurea, tepatnya di jalan masuk ke Bahomakmur. Pada acara syukuran tersebut, para […]

Read More

BPC HIPMI Morowali Utara Resmi Memberikan Rekomendasi Caketum HIPMI SULTENG kepada Tum Muh. Sadhak Husain

Morowali Utara, 29 Juni 2024 – Dalam sebuah acara yang digelar di D’ Andra Cafe dan Resto, BPC HIPMI Morowali Utara secara resmi memberikan rekomendasi kepada Tum Muh. Sadhak Husain sebagai calon ketua umum (Caketum) BPD HIPMI SULTENG. Acara ini dihadiri oleh para anggota dan pengurus HIPMI setempat, serta tokoh-tokoh penting dari Morowali dan Morowali […]

Read More