PERHELATAN KONASPI XI 2024 : UNESA SIAPKAN LANGKAH MENUJU INDONESIA EMAS 2045

BIDIKIN.NET – Perhelatan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) XI Tahun 2024 akan bertempat di Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Hal itu didasarkan oleh keputusan bersama seluruh pimpinan perguruan tinggi dari 12 LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) pada KONAPI X di Universitas Negeri Manado (UNIMA) dua tahun yang lalu.

Menurut Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor UNESA memaparkan mengenai pelaksanaan KONASPI XI, bahwasanya nanti pada perhelatan tersebut akan berisi beberapa tahapan antara lain, konferensi internasional pada 10-11 Agustus 2024, konvensi, eksibisi (pameran), dan rekreasi termasuk olahraga pada 11-12 September 2024 yang akan bertempat di UNESA.

Di samping itu, KONASPI XI memiliki beberapa tujuan utama, diantaranya; memberikan rekomendasi strategis pembangunan pendidikan nasional menuju Indonesia Emas 2045, menyepakati poin-poin strategis untuk pengembangan LPTK yang kontributif bagi pembangunan nasional, membahas peluang dan tantangan perubahan pendidikan di era digital, membahas Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Di samping itu, KONASPI juga membahas revitalisasi LPTK yang meliputi kelembagaan, tata kelola LPTK PTN-BH, standarisasi mutu, kurikulum, pendidikan inklusif, dan seterusnya. Terakkhir, KONASPI juga membahas transformasi guru di abad 21, terkait PPG, distribusi guru, pembinaan guru, standarisasi guru di ASEAN, dan lain sebagainya. Rektor UNESA juga menjelaskan, nantinya akan ada lima subtema yang akan menjadi perbincangan dan diskusi tersebut yaitu terkait pendidikan era industri 4.0, sistem dan kebijakan pendidikan nasional, kebijakan dan implemetasi merdeka belajar, revitalisasi LPTK, dan pendidikan inklusif-transformasi guru seluruh Indonesia.

Berbagai agenda akan dilaksanakan guna menyongsong keberhasilan dari konvensi nasional tersebut, antara lain Prakonaspi XI yang diadakan di Patra Semarang Hotel dan Convention pada 16 februari 2024 yang lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan perguruan tinggi LPTK, termasuk Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Pendidikan, Kemendikbudristek. Beliau menyampaikan terkait peran LPTK untuk mewujudkan SDM Indonesia emas 2045 mendatang.

Rektor UNNES, Prof. Dr. S. Martono, M.Si, selaku tuan rumah PraKonaspi, memaparkan bahwa beliau berharap kegiatan Pra-Konaspi maupun KONASPI XI menjadi temmpat penguatan dan revitalisasi LPTK di Indonesia. Menurutnya, PraKonaspi tersebut sudah menjadi platform dukungan dan kerjasama lintas institusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di tanah air.

Wakil Rektor bidang akademik, kemahasiswaan, dan alumni UNESA, Prof. Dr. Madlazim M.Si., mengutarakan bahwa seluruh jajaran pimpinan Unesa menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pimpinan UNNES sebagai tuan rumah pra-konvensi dan perguruan tinggi lain yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan yang berlangsung di UNNES tersebut, telah dihadiri oleh 12 pimpinan LPTK anggota asosiasi turut hadir termasuk istri rektor dan istri para wakil rektor dari 12 LPTK tersebut. Semua pimpinan tersebut juga mendapat seragam Semarangan oleh UNNES sebagai bentuk apresiasi kehadiran dalam berlangsungnya acara tersebut.

LPTK tersebut terdiri dari beberapa Univesitas ternama di Indonesia, antara lain; Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Negeri Malang (UM). Selain itu, ada Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Manado (UNIMA), terakhir Universitas Negeri Padang (UNP).

Semua jajaran pimpinan LPTK maupun seluruh civitas akademika termasuk para istri rektor dan para wakil rektor, berharap kegiatan KONASPI XI bisa berjalan dengan lancar dan tentu dengan persiapan dan dukungan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Penulis : Muhammad Khoirul Alim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Independen, Jalur Strategis dalam Perjuangan Iksan B Abd Rauf Menjadi Bupati Kabupaten Morowali

Morowali, 13 April 2024 – Dalam menghadapi kontestasi politik menuju kepemimpinan Kabupaten Morowali, jalur independen menjadi pilihan strategis bagi Iksan B Abd Rauf. Dengan fokus pada partisipasi langsung dari masyarakat, Iksan B Abd Rauf menegaskan komitmennya untuk mewujudkan kepemimpinan yang inklusif dan berbasis rakyat. Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam perjuangan ini adalah syarat […]

Read More

Bapak Iksan B Abd Rauf Sambut Tamu di Open House, Silaturahmi Calon Bupati Kabupaten Morowali

Empang Desa Labota, Kabupaten Morowali – Momentum kebersamaan dan silaturahmi semakin mempererat jalinan hubungan antara Bapak Iksan B Abd Rauf, calon Bupati Kabupaten Morowali, dengan keluarga, kerabat, dan masyarakat setempat. Pada hari Kamis, 11 April 2024, begitu banyak tamu dari berbagai kalangan telah memenuhi kediaman Bapak Iksan untuk mengikuti acara Open House yang diselenggarakan dengan […]

Read More

Iksan B Abd Rauf Meriahkan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di Kediamannya di Empang Desa Labota

Bapak Iksan B Abd Rauf, tokoh masyarakat yang dikenal luas di Kebupaten Morowali, merayakan Idul Fitri dengan penuh kegembiraan di kediamannya yang terletak di Empang desa Labota. Acara tersebut dihadiri oleh banyak keluarga, kerabat, dan warga sekitar yang turut berbahagia dalam momen lebaran tersebut. Suasana kebersamaan dan keakraban sangat terasa dalam acara lebaran di rumah […]

Read More