Volunteer KIP Kuliah 2022 menjadi Garda Depan Membimbing Calon Mahasiswa KIP Kuliah

            Bidikin.Net – Minggu (20/2) berjalan tiga minggu program volunteer KIP Kuliah 2022 yang diadakan oleh Bidikmisi Indonesia. Progam ini resmi diluncurkan bulan lalu pada 21 Januari oleh founder Bidikmisi, Puang Eman.

Peluncuran resmi program Volunteer KIP Kuliah 2022 ini diikuti lebih dari 250 peserta. Tercatat 250 volunteer aktif yang tersebar di seluruh Indonesia menduduki setiap provinsi yang ada dan 30 Koordinasi volunteer disediakan guna menunjang kinerja volunteer baru.

            Program ini diresmikan secara daring melalui media zoom diikuti peserta umum sma/smk, volunteer, dan staff Bidikmisi Indonesia. Meskipun kuota peserta dalam zoom hanya 100 peserta, peserta yang tidak bisa masuk zoom mengikuti live streaming dari official youtube Bidikmisi Indonesia. Dalam pembukaanya Eman Puang memberikan pengarahan mengenai apa itu Bidikmisi Indonesia dan bagaimana Bidikmisi Indonesia berkembang hingga saat ini. Peluncuran program ini juga mendatangkan Sub Koordinator KIP Kuliah PLPP, Muni Ika yang memberikan informasi lengkap mengenai KIP Kuliah.

           Andry Hernandes selaku managemen dari Bidikmisi Indonesia berpesan kepada volunteer 2022 dalam acara peluncuran agar memiliki sifat yang ramah, sabar, dan informatif kepada calon mahasiswa baru yang bertanya. Andry berharap volunteer 2022 dapat memberikan informasi yang akurat dan memberikan pelayanan maksimal.

            Koordinator beserta volunteer ini berasal dari mahasiswa yang berstatus Penerima Beasiswa KIP Kuliah. Mereka bertugas untuk membimbing dan memberikan solusi kepada calon mahasiswa baru berkaitan dengan pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah. Selain itu mereka juga memberikan informasi yang akurat mengenai pembuatan akun mulai dari akun LTMPT sampai akun pendafatara Tes masuk perguruan tinggi.

         Volunteer difasilitasi dengan akun Instagram resmi setiap provinsi sehingga calon mahasiswa dapat lebih mudah untuk menghubungi. Terdapat web resmi Bidikmisi Indonesia yang menyediakan opsi tanya volunteer yang bisa di akses pada laman Tanya Volunteer. Calon mahasiswa dapat memilih beberapa volunteer yang tersedia pada opsi provinsi yang ada.

            Program volunteer ini berjalan 3 tahun, semenjak tahun 2020 lalu. Program yang berawal dari minimnya pengetahuan mengenai KIP Kuliah atau Bidikmisi dan sulitnya mencari informasi mengenai tata cara pendaftaran beasiswa ini. Pada awalnya volunteer tidak merekrut secara umum dan pada tahun ke dua tercatat 100 mahasiswa yang mengikuti program volunteer KIP Kuliah. Tujuan dari volunteer KIP Kuliah adalah mengangkat kepedulian terhadap calon mahasiswa maupun mahasiswa yang tidak mengetahui informasi mengenai tata cara mendaftar perguruan tinggi ataupun minimnya pengetahuan mengenai beasiswa KIP Kuliah atau Bidikmisi. Selain itu volunteer juga mengedukasi dan memberi pengarahan dalam pengambilan jurusan yang akan diambil oleh calon mahasiswa.

        Harapan Bidikmisi Indonesia adalah semua informasi Beasiswa KIP Kuliah dapat tersampaikan secara meluas dan merata keseluruh penjuru Indonesia dan calon mahasiswa menemukan jurusan yang tepat dengan bakat serta minat mereka dari edukasi yang telah diberikan dari para volunteer.(*Suppry)

4 thoughts on “Volunteer KIP Kuliah 2022 menjadi Garda Depan Membimbing Calon Mahasiswa KIP Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Beasiswa Inspirasi

KIP Kuliah: Dari Ibukota hingga Kaki Gunung Sumbing

Abdul Kholiq, seorang anak petani dari Kaki Gunung Sumbing yang berjuang menggapai impianya dari Sekolah Dasar, melanjutkan Kuliah dan dapat terbantu karena Beasiswa Bidikmisi hingga Magister

Read More
Ricky Melakukan Penelitian di Kandang Bebek
Beasiswa Inspirasi

Antara Kuliah atau Kondisi Keluargaku

Ricky Irawan seorang remaja yang berkuliah dengan segala kekurangan serta kesedihan dalam memperjuangkan nasib pendidikannya

Read More
Beasiswa Inspirasi

ANAK DESA BISA KULIAH FULL GRATIS!

Reni Nurliani seorang anak petani yang membuktikan bahwa anak petani tidak harus turun sawah untuk bisa bersekolah tinggi.

Read More